Minggu, 23 Oktober 2011

Konsep Dasar Pemrograman

KONSEP DASAR
a.PROGRAM
DEFINISI : Merupakan beberapa kumpulan instruksi tertulis yang dibuat oleh seorang programer dari suatu software.
b.PEMROGRAMAN
DEFINISI : Kumpulan urutan perintah ke komputer untuk mengerjakan sesuatu, instruksi tersebut menggunakan bahasa yang dimengerti oleh komputer atau dikenal dengan bahasa pemrograman.

  • DATA
Data adalah suatu informasi yang di olah dari bahan mentah sehingga  dapat dipergunakan oleh user atau pemakai. Data tersebut di bagi menjadi 4 bagian yang dapat di gunakan, berikut adalah tipe data yang dapat di gunakan oleh user:
  1. Tipe Data Dasar - Merupakan tipe data primitif yang tidak terstruktur yang didefinisikan oleh bahasa pemrograman. Tipe data dasar juga di bagi menjadi 5 bagian, antara lain:
a. Tipe Data Numerik : Penyimpanan data berupa angka, berikut nama-nama nya:
  • Integer   : merupakan bilangan bulat positif dan negatif
  • Subrange  : merupakan sebuah subtype dari tipe data integer dan     terdiri dari urutan nilai-nilai integer dalam range yang     tebatas.
  • Floating-point Real   : biasa disingkat dan disebut tipe data riil.
  • Fixed-point Real  : Bilangan fixwd-pont direpresentasikan dengan urutan digit     yang mempunyai panjang tetap dengan titik desimal     diposisikan ditempat yang diberikan antara dua digit.
  • Lain-lain  : Tipe data lainnya adalah bilangan kompleks dan bilangan
b. Enumerasi  : adalah suatu urutan list dari nilai-nilai yang berbeda.
c. Boolean  : tipe data untuk merepresentasikan True atau False.
d. Character  : tipe data untuk menyimpan rangkaian karakter.
e. Internationalization : disebut I18N
2.  Tipe Data Terstruktur : merupakan tipe data campuran dari berbagai tipe data dasar, contohnya array, record,                                                                       string, list dan file.
3.  Tipe Data Enumerasi
4.  Tipe Data Penunjuk : contoh tipe data penunjuk adalah pointer.

  • MODEL KOMPUTASI
Model Komputasi adalah suatu kumpulan dari nilai dan operasi-operasi. Dalam model komputasi ada 3 dasar model komputasi, antara lain:
1. Model Fungsional, model ini terdiri dari satu set nilai-nilai, fungsi dan operasi aplikasi, fungsi dan komposisi fungsi.
2. Model Logika , logika model perhitungan terdiri dari suatu set nilai-nilai, definisi hubungan dan kesimpulan logis.
3. Model Imperative, model perhitungan yang imperative terdiri dari satu set nilai-nilai yang mencakup suatu status dan operasi tugas-tugas untuk memodifikasi status tersebut.


  • PRINSIP-PRINSIP DASAR BAHASA PEMROGRAMAN


a. Clarity, Simplicity dan Unity
Bahasa pemrograman harus dapat menolong programer untuk membuat suatu desain
program jauh sebelum programmer melakukan coding.
Kemudahan, kesederhanaan dan kesatuan merupakan suatu kombinasi yang membantu
programmer mengembangkan suatu algoritma sehingga algoritma yang dihasilkan
mempunyai kompleksitas yang rendah.
b. Orthogonality
Orthogonality menunjuk kepada suatu atribut yang dapat dikombinasikan dengan beragam
fitur bahasa pemrograman sehingga setiap kombinasinya mempunyai arti dan dapat
digunakan.
c. Kewajaran untuk Aplikasi
Bahasa pemrograman membutuhkan syntax yang tepat/cocok yang digunakan pada
struktur program untuk merefleksikan struktur logika yang melandasi suatu algoritma.
d. Mendukung Abstraksi
Abstraksi merupakan suatu hal yang substansial bagi programmer untuk membuat
suatu solusi dari masalah yang dihadapi. Kemudian abstraksi tersebut dapat dengan
mudah diimplementasikan menggunakan fitur-fitur yang ada dalam bahasa
pemrograman.
e. Kemudahan untuk Verifikasi Program
Verifikasi program merupakan hal penting bagi sebuah program karena dengan
verifikasi yang mudah maka suatu program akan dengan mudah dibangun dan
dikembangkan.
f. Lingkungan Pemrograman
Bahasa pemrograman yang mempunyai lingkungan pemrograman yang baik dan
lengkap akan memudahkan programmer  untuk mengimplementasikan abstraksi
yang sudah disusunnya.
g. Portabilitas Program
Salah satu kriteria penting untuk proyek pemrograman adalah kemudahan program
yang sudah jadi untuk dipindah-pindahkan dari komputer yang digunakan untuk
membuat dan mengembangkan ke komputer lain yang akan menggunakannya.
h. Biaya Penggunaan
Biaya merupakan elemen penting dalam mengevaluasi suatu bahasa pemrograman.
Ada beberapa biaya yang dapat diukur yaitu :
1. Biaya Eksekusi Program
2. Biaya Translasi/kompilasi Program
3. Biaya Penciptaan, Testing dan Penggunaan Program
4. Biaya Pemeliharaan Program

sumber: wordpress

Tidak ada komentar:

Posting Komentar